NEC News NEC NURI

Memanfaatkan Limbah Celana Jeans Di Sulap Menjadi Tas Cantik

Terbit : 2014-01-30 | Jam : 15:45:52 WIB | Dibaca : 2600 kali.

Ternyata dengan kreatifitas dan keahlian bahan jeans bisa digunakan untuk membuat tas wanita yang cantik dan beromzet lumayan loh. Ini salah satunya  mahasiswi BSI Cabang Jatiwaringin yang Bernama Tunjung Namira ini awalnya hanya  memanfaatkan limbah celana jeans bekas pakai yang menumpuk di rumahnya.  Kemudian timbul ide dari Mira panggilan akrabnya untuk memanfaatkan barang tersebut untuk pemakaian pribadi, kemudian ada teman yang tertarik untuk menggunakanya. Sehingga Mira tertarik untuk mencari sumber bahan baku (kain) pada pemasok. Sedangkan bahan jeans yang digunakan adalah jeans yang sudah masuk proses pencucian, namun menghasilkan bahan jeans yang terlihat sedikit lusuh tetapi menarik.

Usaha Mira ini sudah berjalan selama 2 tahun, meski penggunaan bahan jeans baru sekitar 8 bulan terakhir, karena sebelumnya mengunakan kain blacu. Modal awal Mira dalam membuat tas dari Jeans ini sebesar 50rb. Di jual mulai 120rb sampai 150rb omset sebulan berjulan tas ini berkisar antara 500rb sampai 1 jt. Inspirasi Mira dalam menjalankan usaha ini yaitu sebagai media menyalurkan hobi dan bakat serta berharap bisa membuka lapangan pekerjaan nantinya karena pada saat ini Mira masih mengerjakanya sendiri . Dan sekarang  Mira baru memasarkan produknya lewat Facebook.  Visinya terhadap tas buatanya  agar hasil karyanya  bisa menjadi trend dikalangan remaja, anak sekolah, maupun mahasiswi.

Selama ini yang menjadi kendala baginya adalah produksi, karena masih dikerjakan sendiri dan paruh waktu, jadi memerlukan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan 1-3 buah produk dalam 1 minggu. Dan menurutnya kunci rahasia suksesnya itu adalah kretifitas, ketekunan dan memunculkan inovasi-inovasi baru.  Semoga apa yang menjadi keinginan Mira  untuk membangun usaha mandiri dengan keterbatasan SDM dalam memproduksi suatu produk bisa menjadi inspirasi teman-teman mahasiswi bahwa hal tersebut bukan merupakan kendala untuk menciptakan dan mencari peluang usaha, namun itu merupakan dasar dari untuk memulai suatu usaha yang lebih besar nantinya. Dimana dibutuhkan semangat kretifitas, ketekunan, memunculkan inovasi-inovasi baru dan doa seperti yang dilakukan  Mira selama ini