NEC News NEC NURI

Melalui Inacraft 2011 Kita Kembangkan Produk Ekonomi Kreatif

Terbit : 2014-02-07 | Jam : 10:40:54 WIB | Dibaca : 1454 kali.

PAMERAN INACRAFT 2011
Melalui Inacraft 2011 Kita Kembangkan Produk Ekonomi Kreatif

 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kemajemukan dengan keanekaragaman budaya, asli maupun dengan  segala perpaduan yang ada. Satu diantaranya adalah prodik kerajinan yang nmerupakan bagian dari Kebudayaan Nasional., yang perlu terus dijaga, dikembangkan dan dilestarikan sehingga menjadi aset nasional.
Bebarap tahun terakhir ini industri kerajinan Indonesia sudah mu;lai menunjukkan petnsinya, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya inovasi dan kreatifitas produk-produk kerajinan Indonesia. Tuntutan ekoomi disertai dengan adanya peluan pasar yang cukup menjanjikan, membuat industri kerajinan kian semarak dan membawa harapan untuk peningkatan perekonomian nasional.
INACRAFT sebagai barometer perkembangan produk kerajinan di tanah air, diman pameran ini sebagai pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Sesuai dengan tema sentral From Smart Village to Global Market,inacraft berupaya menaungi produk-produk kerajinan tersebut untuk bisa ketingkat yang lebih tinggi dan mampu diterima masyarakat dalam dan luar negeri melalui produk kerajinan unggulan yang ditampilkannya. INACRAFT 2011 yang mengangkat Kekayaan Warisan Budaya Lampung sebagai ikon utamanya, juga bertujuan untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kualitas ekspor produk kerajinan Indonesia sehingga dapat dijadikan alternatif penunjang perekonomian nasional di era perdagangan bebas dewasa ini.


The 13th Jakarta International Handicraft Trade Fair 
(INACRAFT 2011) menjadi ajang kegiatan promosi produk kerajinan dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Bapak Boediono. Pameran ini diselenggarakan oleh  Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI)  bekerjasama dengan PT. MediatamaBinakreasi dan akan berlangsung pada tanggal 20-24 April 2011 di Balai Sidang Jakarta Convention Center.
Pada INACRAFT 2011, diikuti oleh 1800 UKM atau produsen kerajinan dengan menempati jumlah stan sebanyak 1222 stan berlokasi di Hall A Lobby A, Hall B, Lobby B, Plenary Hall, Main Lobby, Cendrawasih Hall dan Assembly Hall, Balai Sedang Jakarta Convention Center dengan total lahan seluas 24.080 m2. Assembly Hall merupakan International hall (hall ekspor), dengan beberapa peserta luar negeri. Hingga saat ini tercatat 600 buyer dari 40 negara telah mandaftarkan diri untuk datang dan mengunjungi pameran INACRAFT 2011. INACRAFT setiap tahunnya telah menjadi ikon pameran produk kerajinan Indonesia dan menjadi agenda tahunan pemerintah yang secara konsisten terus meningkat dari kuantitas dan kualitas pameran.