NEC News NEC NURI

Bisnis Kreatif Ala Mahasiswa Cikampek

Terbit : 2014-08-21 | Jam : 11:12:32 WIB | Dibaca : 2699 kali.

Sukses adalah dengan menjadi dirimu sendiri. “Kalau kau suka bekerja ya silahkan. Kalau sukanya berdagang. Ya silahkan. Sukses kan datangnya bisa darimana saja. Yang penting kita senang menjalaninya.” Ujar Ivan

Irvan Galuh, Mahasiswa BSI Cikampek semester 6 ini suka sekali dengan animasi. Sukses menjalankan usahanya yang ia dirikan sendiri kini mulai menikmati hasil kerja kerasnya dalam berwirausaha. Bisnis yang ia jalankan adalah pembuatan animasi dan game. Bukan hanya mendulang rupiah yang ia dapat akan tetapi hobbynya pun ikut tersalurkan dalam menjalakan bisnis tersebut.

Usaha yang dimulai sejak tahun 2013 ini berawal dari kesenangannya terhadap dunia animasi. Keterlibatannya bergabung dengan forum-forum di dunia internet tidak hanya memberikan ia pelajaran banyak tentang animasi akan tetapi memberikan peluang untuk irvan dalam menjalankan usahanya hingga saat ini. Satu demi satu projek ia dapat dari kesibukannya berkecimpung dalam forum animasi.

Terinspirasi dari banyaknya orang sukses yang sudah berkarir dalam dunia animasi, membuat ia yakin dapat melakukan hal yang sama dalam berwirausaha dibidang animasi. “Kalau kawan-kawan saya yang lain lulus kuliah atau lulus sekolah mencari kerja, tapi tidak buat saya, saya lebih senang dengan celana pendek dan kaos saja tapi tetap punya penghasilan sendiri” ungkapnya.

Sedikit demi sedikit sembar memperdalam pengetahuannya dalam bidang animasi dan game, irvan terus menerima projek-projek yang orang tawarkan kepadanya. Dalam 2 bulan terkahir ia menerima beberapa projek dan mampu menghasilkan omset 12 juta. Disamping kesibukannya di bangku kuliah serta statusnya sebagai karyawan di suatu perusahaan tidak membuat ia patah semangat untuk terus membangun usahanya.

Pengalaman bisnis yang ia miliki pun sebenarnya tidak terlau banyak, mulai dari bisnis dunia percetakan sampai usaha kuliner pernah ia lakoni. Untuk saat ini dengan passion yang ia miliki, ia mulai menikmati merintis usaha dibidang animasi dan games. Meski harus bergadang dan mengatur waktu disetiap kesibukannya, irvan dan 3 partner bisnisnya mampu mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

Demi tujuan untuk bisa menjadi developer animasi dan games, kedepannya irvan akan lebih gencar berpromosi guna mewujudkan perusahaan pribadi yang ia impikan. “Menjalankan usaha itu harus di riset dulu, punya konsep yang baik dan jangan asal “nyemplung” aja. Bergabung dengan perkumpulan yang sesuai dengan bisnis kita dan kalau bisa didukung dengan modal yang cukup” ungkap irvan kepada tim redaksi BEN. MHF