NEC News NEC NURI

Membangun Inovasi Dengan Design Thingking Melahirkan Calon - Calon Pengusaha Nusa Mandiri

Terbit : 2019-05-14 | Jam : 03:17:27 WIB | Dibaca : 233 kali.

STMIK Nusa Mandiri mengundang Innovesia, sebuah perusahaan yang berfokus pada akselerasi inovasi. Dalam kegiatan yang menjadi bentuk jejaring kemitraan perguruaan tinggi terhadap perusahaan ini dihadiri oleh Kepala STMIK Nusa Mandiri Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si, M.M, M.Kom dan Kepala Tim Nusa Mandiri Innovasion Center Bapak Muhammad Hilman Fahriza, M.Kom.

Pertemuan dengan tema Investing in Innovation ini dilaksanakan di Kampus STMIK Nusa Mandiri Kramat 18 pada Selasa, 14 Mei 2019. Dalam kegiatan ini dihadiri dua perwakilan dari Innovesia yaitu Bapak Danny D Kosasih selaku Co-Founder & Patner dan Ibu Mia Astari selaku Fice President Innovation.

Dalam pemaparannya bapak Donny D Kosasih tentang design thinking. disampaikan pentingnya menumbuhkan ide kreatif sehingga dapat melihat kebutuhan dan kelu kesah masyarakat. Dengan hal tersebut dapat dihasilkan kolaborasi dari semua disiplin ilmu yang ada di perguruan tinggi untuk menjawab kelu kesah masyarakat tersebut. Bentuk dari kolaborasi tersebut harus berbentuk prototype dan harus diadakannya evaluasi.

Bapak Donny juga menjelaskan perihal dilema yang dialami perusahaan konfensional dan startup pemula. Beliau menjelaskan bahwa saat ini semua perusahaan konfesional sedang berlomba-lomba untuk dapat menghadapi era industri 4.0, dan membutuhkan startup yang mampu berkolaborasi sehingga dapat membantu perusahaan-perusahaan tersebut dalam menghadapi 4.0.

Sayangnya, startup pemula saat ini  hanya focus pada bagaimana mencari investor bukan focus pada bagaimana  melihat kebutuhan yang konsumen, dalam hal ini bisa termasuk perusahan konfensional.

“Masalah yang terjadi saat ini adalah perusahaan konfensional punya pasar tetapi kekurangan inovasi dan tekonologi terbaharui, Startup pemula punya ide inovasi, kemampuan mengelola teknologi terharu tetapi tidak punya pasar. Harusnya dengan masalah ini perusahan konfensional dan startup pemula dapat berkolaborasi mengatasi masalah satu sama lain” ujar bapak Donny.

Dengan adanya pertemuan dengan pihak Innovesia ini  diharapkan STMIK Nusa Mandiri dapat menerapkan inovasi didalam kurikulum dan juga kita dapat membentuk incubator untuk dosen dan mahasiwa sehingga dapat menghasilkan karya inovasi.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Innovesia, sehingga dapat membantu kami dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis inovasi” ujar Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si, M.M, M.Kom.

Image 06