Halo sobat news, usaha memang tak memandang hasil, akan tetapi menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika usaha itu dilakukan saat masih berstatus mahasiswa. Waktu yang dimiliki pun harus dibagi antara mengurus bisnis dengan tugas-tugas kuliah yang menumpuk.

Memiliki bisnis dengan omzet ratusan juta rupiah belum pernah terlintas di benak anak muda ini, apalagi dia memulai bisnis karena hoby dengan modal seadanya.

Dia adalah Elwin Halawa atau yang akrab disapa elwin, salah satu mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang berhasil dalam  menjalankan bisnis bengkelnya. Ia sudah memulai bisnis tersebut sejak berada di tingkat pertama kuliahnya di fakultas teknik informatika. Dengan tekad bulat dan modal yang tak seberapa untuk membuka bengkel kini ia mampu memenuhi segala kebutuhannya.

ermodalkan kepercayaan diri dan modal seadanya, ia mulai membuka bengkel kecil tidak jauh dari rumahnya. Di sana ia memberikan jasa service, tambal ban dan ganti oli. Seiring berjalannya waktu usahanya tersebut semakin berkembang dan dengan hasil yang ia dapatkan di tahun kedua ia bisa manambah 2 orang karyawan di bengkelnya dan bertransformasi menjadi bengkel modern dengan brand Zona Ban yang menjual jasa dan barang(Sparepart, Ban, Oli, Accu dan barang fast Moving lainnya).

Semangat elwin dalam melakukan usahanya tersebut didasarkan dari kondisi keluarga yang sangat terbatas sehingga momotivasi diri elwin untuk keluar dari zona yang tidak memungkinkan untuk bebas dalam financial. Elwin menyampaikan bahwa generasi muda, termasuk mahasiswa, memiliki potensi besar untuk terjun dan menjalankan wirausaha sehingga dapat merdeka financial.

Sukses Meski Masih Kuliah
Zona Ban – Elwin Halawa

“ Menjadi mahasiswa tidak hanya dicetak untuk menjadi pekerja kantoran, tetapi juga bisa menjadi wirausaha, karena jika menjadi pekerja atau karyawan meski kerja keras sekalipun kita dibayar terbatas berbeda halnya pengusaha yang tak terbatas,” paparnya.

Elwin menceritakan sejumlah tantangan dan hambatan dalam menjalankan wirausaha. Dia mengakui tidak mudah menjalankan usahanya kala itu, terutama dalam permodalan yang saat itu masih mengandalkan pinjaman dari perusahaan pembiayaan (BANK dan CU). Dengan tekad  dan motivasi yang tinggi elwin dapat melewatinya. Kini Zona Ban telah memiliki 3 cabang dengan 10 orang karyawan dan 2 orang admin dengan konsumen lebih dari 5000 konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetapnya. Omset yang diperoleh pun bukan main dalam 1 bulan Zona ban bisa memperoleh omset sekitar 180 juta dengan keuntungan bersih sekitar 30-45 juta.

Kesuksesan Elwin tidak lepas dari kunci sukses yang ia selalu pegang yaitu kerja cerdas, design tempat, pelayanan, harga saing serta management yang tersistem dengan baik.

“Tips untuk sukses adalah kerjakan apa yang menjadi impian anda, Nekad dalam arti berani terjun membuka usaha dan kerjakan dengan cerdas. Pertimbangan boleh banyak dalam sebuah bisnis, tapi hal utamanya adalah eksekusi. Hal yang paling saya suka adalah ‘NEKAT’ mulai saja dahulu”, ungkap elwin

Elwin Halawa Pengusaha Muda yang Sukses Meski Masih Kuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *