Teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Teknologi memiliki andil besar dalam perkembangan kehidupan manusia. Dengan banyaknya teknologi baru saat ini, muncul beberapa peluang usaha di bidang IT yang menjanjikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada.

Peluang usaha bidang IT di Indonesia masih tergolong baru. Belum banyak orang yang terjun di bidang IT, sehingga peluang untuk sukses masih terbuka lebar. Hal inipun dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Yusup, alumni Universitas Nusa Mandiri kampus Kramat 18. Ia saat ini sudah mendirikan PT Gytech Indosarana Mandiri. 

PT Gytech Indosarana Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Mechanical Engineering dengan dua bidang usaha yaitu bidang Refrigeration dan bidang IT. Di bidang Refrigeration melayani service AC split, AC split duct, AC floor standing dan lain-lain. Sedangkan dalam bidang IT melayani IT suport, software development, networking, sistem administrator dan security service.

Yusup mengatakan terbentuknya usaha ini berawal dari motivasinya saat duduk di bangku sekolah. Ia melihat rekannya yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.  Dari situ ia berniat dan bertekad untuk dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. 

Pada tahun 2009 dari niat dan tekad tersebut berbekalkan pengetahuan saat di bangku SMK, ia membuka usaha jasa service AC yang bekerja  sama degan PT Bintang Jasantara Lima, yang sama-sama bergerak dalam bidang Mechanical Engineering. 

“Tahun 2011 usaha ini sempat terhenti karena kekurangan modal. Tetapi,  semangat dan tekad tidak mengurungkan  niat saya  untuk menjadi seorang pengusaha sukses,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (17/5).

Ia melanjutkan,  untuk mendapatkan modal usaha, ia memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu sambil menabung untuk modal dan menambah wawasan untuk pengembangan usahanya. 

“Akhirnya 2012 saat kuliah di Universitas Nusa Mandiri (UNM) banyak pelanggan yang menawarkan untuk memegang proyek IT yang kebetulan sesuai dengan jurusan pada saat saya kuliah,” ujarnya. 

Hingga akhirnya, ia memulai usahanya kembali dengan membuka bengkel komputer dan terus berkembang. Hingga dua bidang usaha yang kini ditekuninya yaitu service AC dan IT consultant.

“Berawal dari jasa service dan bengkel komputer kini usaha ini semakin berkembang hingga akhirnya pada 2017 resmi menjadi perusahaan dengan nama PT Gytech Indosarana Mandiri,” katanya.

Kini, ia dalam tiap bulannya mendapatkan omzet kurang lebih 30-90 juta rupiah  dan telah memiliki pelanggan lebih dari 20 perusahaan, 60 perumahan, apartemen dan sekolah. Tidak hanya itu, dari usaha yang sekarang dikelolanya, sekarang Yusup sudah memiliki lima  karyawan tetap dan beberapa karyawan freelance.

“Sejumlah tantangan dan hambatan kerap terjadi terutama dalam hal modal dan perkembangan teknologi yang begitu pesat yang mengharuskan untuk selalu up to date dengan teknologi yang sedang tren.  Namun,  dengan ketekunan dan kesabaran serta kunci sukses yang selau saya pegang yaitu DUIT (Doa, Usaha, Istiqomah dan tawaqal) semua itu dapat saya lewati dengan baik,” tutupnya.

Alumni UNM, Bisnis Jasa Service Sampai Jadi Owner Startup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *