Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Kupat Tuntas Seputar Bisnis (KUIS) melalui lembaga Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC). Mengusung tema “Start Your Business With Best Plan” yang terlaksana secara daring melalui zoom dan youtobe, pada Senin (28/6) pukul 15.00-16.00 WIB.

Sebagai Informasi, kegiatan Webinar KUIS yang diadakan ini merupakan salah satu program dari NEC yaitu Kopdar Bisnis Alumni.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Alumni UNM yang sukses sebagai pengusaha yaitu Dede Nurahman yang merupakan Co-Founder Kebun Design.

Sesuai dengan agenda, kegiatan Webinar Kuis ini dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan diawali sambutan dari Arif Hidayat SS, M.Hum Warek 2 Bidang Non-Akademik.

Dalam sambutannya mengenai “Start Your Business With Best Plan”, Arif mengungkapkan bahwa dalam memulai sebuah bisnis perlu sebuah perencanaan yang matang karena dengan membuat perencanaan bisnis dapat membantu agar fokus pada tujuan awal bisnis sehingga dapat menguntungkan perusahaan ke depannya. 

Tak hanya itu arif juga berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi dan memberikan wawasan bahwa pentingnya suatu perencanaan untuk kesuksesan sebuah usaha di masa yang akan dating.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dede Nurahman (CEO-Founder Kebun Design) selaku pembicara utama webinar ini.

Dalam pemaparannya mengenai sebuah perencanaan bisnis, Dede mengungkapkan yang paling penting dan sebagai identitas dari sebuah bisnis adalah Brand. Sebelum memutuskan membeli produk konsumen ingin mengetahui seperti apa perusahaan yang menjual produknya Apakah terpercaya? Apakah aman? Apakah professional?

“Konsumen tidak mau sembarangan membeli produk dari perusahaan abal-abal. Oleh karena itu penting bagi bisnis untuk membuat identitas”, Ujarnya

Pada kesempatan tersebut, Dede juga menjelaskan beberapa hal yang penting dalam membuat sebuah Brand yang baik dan benar yaitu tentukan target audiens, tentukan fokus dan karakteristik brand, tentukan nama brand, tentukan slogan brand, tentukan penampilan/gaya brand, desain logo brand dan kembangkan terus bisnismu. 

Lebih lanjut, dede mengungkapkan peran komunikasi brand tak hanya berguna untuk menjangkau lebih banyak konsumen, melainkan juga untuk menumbuhkan minat beli konsumen.

Sebelum menutup materinya, dede memberikan closing statement dengan menyampaikan pesannya bagi pelaku UMKM untuk melakukan penguatan Brand dan dilakukannya riset oleh pelaku UMKM terhadap segmen pasarnya. Sehingga UMK dapat berkembang maju lebih besar dan bisa menopang perekonomian bangsa,”tambahnya.

Sebagai informasi, webinar KUIS ini dihadiri oleh sejumlah partisipan umum dari berbagai tingkatan yang dimulai dari, pelajar, mahasiswa, hingga pekerja di wilayah jabodetabek.

Nusa Mandiri Entrepreneur Center Sukses Gelar Webinar KUIS Bersama Alumni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *