Dalam rangka mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan wirausaha serta meningkatkan program kewirausahaan di perguruan tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 membuka Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 kepada mahasiswa dan perguruan tinggi di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang memenuhi syarat pada panduan untuk mengikuti program P2MW. Sekedar info kegiatan P2MW ini merupakan perubahan dari kegiatan KBMI (Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia) yang merupakan agenda rutin Ditjen Diktiristek setiap tahun. Merespon hal tersebut Universitas Nusa mandiri (UNM) melalui Nusa Mandiri Entrepreneuer Center (NEC) mengadakan kegiatan Sosialisasi kepada mahasiswa mengenai Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Kegiatan sosialiasi sendiri dilaksanakan pada hari Rabu 19 Mei 2022 melalui media zoom dan diikuti oleh 24 pendaftar dari berbagai program Studi yang ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM). Pembicara pada kegiatan ini adalah Maruloh, M.Kom, dan M.Hilman Fakhriza, M.Kom dari Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) dan di moderatori oleh M.Faisal.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dekan Fakuktas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nusa Mandiri, Ibu Ida Zuniarti SE, MM. dalam sambutannya, beliau berharap mahasiswa dapat mengikuti dengan baik kegiatan sosialaisi dan bisa menjadi peserta Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW)

“Kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik, dan bisa mengikuti program ini, serta mampu mendapatkan dana hibah dari kegiatan P2MW ini” Pesan Beliau

Materi pertama dibawakan oleh Maruloh. Pada pemaparannya beliau menjelaskan mengenai Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), syarat-syarat untuk mengikuti kegiatan, kriteria penilaian, apa yang harus disiapkan serta pendanaan yang mungkin didapat mahasiswa jika proposal mereka diterima dan disetujui. Maruloh juga berharap mahasiswa yang memiliki bisnis atau usaha bisa mengikuti kegiatan ini mengingat kegiatan ini berskala nasional dan mahasiswa berpeluang mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnisnya.

“jangan pernah takut teman-teman, peluang ini hanya ada setahun sekali, tampilkan bisnis kalian agar bisa dikenal masyarakat, kami dari NEC siap membantu jika teman-teman merasa kesulitan.“ ujar Maruloh

Materi kedua disampaikan oleh M.Hilman Fakhriza. Beliau menjelaskan mengenai teknis pembuatan akun mahasiswa sampai dengan proses pengisian proposal di sistem P2MW. Pada materi ini langkah-demi langkah dijelaskan agar mahasiswa paham mengenai prosesnya mulai dari pembuatan akun, aktivasi, pengisian anggota kelompok sampai dengan pengisian proposal dan penguploadan berkas-berkas.

“semua kegiatan dilakukan melalui sistem P2MW di website https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/. Web cukup user friendly, teman-teman silakan ikuti buku panduan yang ada pada web tersebut. Kami akan memantau melalui web tersebut, dan memfasilitasi jika ada kendala dalam menggunakan sistem tersebut”. Ujar Hilman.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha yang baik, sehingga mereka tertarik dan mengikuti kegiatan tersebut dan berpeluang mendapatkan dana bantuan pengembangan usaha dari pemerintah.

UNM Berikan Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *