Berdasarkan data, jumlah wirausaha di indonesia sebanyak 3,47% dari total penduduk Indonesia. Jumlah tersebut masih jauh dari jumlah prosentasi wirausaha di negara maju yakni sebesar 14%. Salah satu faktor kurangnya minat masyarakat untuk menjadi wirausaha adalah Pola pikir masyarakat yang lebih suka bekerja sebagai karyawan. Jumlah pencari kerja yang lebih banyak dari jumlah lapangan kerja membuat jumlah pengangguran semakin banyak.

 Pola pikir tersebut juga dimiliki oleh sebagian besar mahasiswa. Mahasiswa menjadikan “Bekerja” menjadi tujuan akhir dari perkuliahan. Padahal ada hal lain yang bisa dilakukan selain bekerja sebagai tujuan dari perkuliahan yaitu menjadi wirausaha. Dengan manjadi wirausaha memungkinkan kita untuk menciptakan lapangan kerja. Perubahan pola pikir inilah yang coba dilakukan oleh Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) kepada para mahasiswa baru melalui seminar Generasi Mandiri (SINEMA).

Seminar yang mengambil tema “Set Up Your Mind to be Entrepreneur” mencoba untuk mengubah pola pikir mahasiswa baru bahwa pilihan mereka bukan hanya bekerja tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berbisnis. Kegiatan SINEMA dilakukan pada hari Sabtu, 10 September 2022 di Universitas Nusa Mandiri Margonda dengan narasumber Maruloh, M.Kom selaku kepala bagian Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) dan dimoderatori oleh Zavira Aldayani Putri. Kegiatan ini merupakan  rangakaian dari kegiatan Seminar Inspirasi (SERASI) sebagai bagian dari penyambutan mahasiswa baru (Maba) Universitas Nusa Mandiri.

Maruloh selaku narasumber kegiatan SINEMA mengatakan tema yang diambil dimaksudkan agar mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas mengenai masa depan. Mereka tidak hanya berpikir bekerja, tetapi juga bisa menjadi pengusaha.

“ada banyak usaha dan bisnis yang bisa dicoba oleh kalangan mahasiswa, apalagi saat ini, sudah masanya digitalisasi. Rekan-rekan mahasiswa bisa mengembangkan ide dan dijadikan bisnis mereka.”Tutupnya

MENGATUR POLA PIKIR MENJADI ENTREPRENEUR DENGAN SEMINAR SINEMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *