Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Universitas Nusa Mandiri mengadakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Beberapa kegiatan diberikan agar mahasiswa mengenal lebih dekat dengan kampus serta memberikan wawasan tambahan kepada mahasiswa dengan memberikan seminar-seminar sesuai dengan minat mahasiswa.

Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) sebagai bagian dari Universitas Nusa Mandiri tidak mau ketinggalan dengan berpartisipasi dalam menyambut mahasiswa baru. Salah satunya dengan memberikan Seminar Generasi Mandiri (SINEMA). Kegiatan SINEMA sendiri  dilaksanakan pada tanggal 10 September 2022 di kampus UNM Margonda, dengan menghadirkan Narasumber Maruloh, M.Kom selaku Kepala Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) dan dimoderatori oleh Zavira Aldayani Putri dan mengambil tema “Set Up Your Mind to be Entrepreneur”.

Seminar bertujuan untuk merubah mindset mahasiswa baru agar mereka memahami bahwa tujuan akhir dari kuliah bukan hanya menjadi karyawan, tetapi juga bisa menjadi pengusaha. Selain itu dalam pemaparannya Maruloh selaku narasumber menjelaskan bahwa bisnis saat ini sudah berbeda dengan bisnis terdahulu, jika dahulu kita harus memiliki modal dan tempat usaha, maka saat ini tanpa modal dan tempat usahapun kita bisa untuk berbisnis.

“Saat ini di era serba digitalisasi, dengan modal jari jemari, handphone, dan kreatifitas, kita sudah bisa membuka bisnis. Bisnis dropshipper, konten creator, affiliate merupakan bisnis yang kita bisa lakukan tanpa modal ataupun tempat usaha.” Jelasnya

Pada kesempatan lain Narasumber juga menjelaskan mengenai peluang bisnis yang harus bisa dibaca oleh pelaku usaha. Hal yang terpenting dalam membuka usaha adalah kita tahu apa yang dijual, siapa konsumen kita, siapa pesaing kita sehingga bisnis yang kita bangun bisa tumbuh dan berkembang.

“Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus bertumbuh seiring waktu” ucapnya

Terakhir, Maruloh memaparkan mengenai Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC). Wadah dimana mahasiswa bisa bergabung dan berdiskusi mengenai masalah bisnis.

“di Nusa Mandiri Entrepreneur Center kami mengadakan seminar enterepreneur, workshop, serta talkshow bisnis untuk saling berbagi ilmu bisnis mahasiswa. Kami juga mengadakan Kopi darat (KOPDAR) sesama mahasiswa yang memiliki usaha, sharing session mengenai suka duka dalam berbisnis, serta kompetisi bisnis yang bisa diikuti oleh mahasiswa.”ujarnya

Sebagai penutup, narasumber mengajak mahasiswa untuk berbisnis dan bergabung dengan komunitas Nuasa Mandiri Entrepreneurs (NUNERS).

“Jika anda tertarik dan niat untuk berwirausaha, mari bergabung di Nusa Mandiri Entrepreneur Center dan jadilah Pengusaha Muda, dan jadilah Sarjana yang memiliki Usaha, sesuai dengan tagline kami “Sarjana Juga Pengusaha””. Tutupnya

MELALUI SINEMA UNIVERSITAS NUSA MANDIRI AJAK MAHASISWA BARU MENJADI ENTREPRENEUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *