Tidak sebandingnya jumlah lapangan kerja dibandingkan dengan jumlah pencari kerja menyebabkan tingkat pengangguran semakin meningkat. Salah satu solusi terhadap permasalahan tersebut adalah dengan menciptakan lapangan kerja dengan menjadi seorang pengusaha. Menyikapi hal tersebut, Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis bekerjasama dengan Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) mengadakan Seminar Entrepreneur. Seminar ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa mengenai pentingnya wirausaha.

Seminar Entrepreneur merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun untuk membekali mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Entrepreneurship agar lebih memahami pentingnya mindset Entrepreneur atau wirausaha, dengan menghadirkan narasumber yang expert di bidang wirausaha, serta alumni Nusa Mandiri yang telah berwirausaha.

Seminar Entrepreneur diadakan pada tanggal 25 Oktober 2022 di Aula Kampus Universitas Nusa Mandiri Jatiwaringin dengan mengambil tema “Building a Creative and Innovative Young Entrepreneur Mindset”. Narasumber pada kegiatan ini antara lain Muhammad Islahuddin (Mas Islah) yang merupakan Trainner Digital Marketig sekaligus Founder Pawon Digital, Narasumber alumni menghadirkan Afriansyah, yang merupakan Owner Kebab John, Narasumber Internal mengahdirkan Maruloh sebagai kepala bagian Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) dan dimoderatori oleh Fitra Septia Nugraha yang merupakan dosen dari Universitas Nusa Mandiri.

Acara dibuka dengan sambutan dan pengenalan Nusa Mandiri Entrepreneur Center dari kepala Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC). Dalam sambutannya kepala NEC menekankan pentingnya mindset wirausaha yang harus dimiliki oleh mahasiswa, dan peran Nusa Mandiri Enterepreneur Center dalam mewadahi mahasiswa yang tertarik dengan bisnis. Dan diharapkan Nusa Mandiri mampu menciptakan mahasiswa yang memiliki wirausaha yang kreatif dan inovatif.

Materi utama dibawakan oleh Mas Islah. Dalam paparannya narasumber menyampaikan mengenai bagaimana membangun mindset bisnis. Beliau mengatakan ada 5 jurus dalam membangun mindset bisnis diantaranya jago melihat peluang dan mengeksekusinya, fokus, bangun tim, kolaborasi, dan bangun sistem.

Testimoni alumni dibawakan oleh Afrianysah. Dalam testimoninya, afri mengatakan perlunya mental yang kuat dalam berbisnis. Karena resiko terbesar dalam bisnis adalah kegagalan. Kita harus mampu bangkit kembali setelah gagal.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber, serta penyerahan srtifikat kepada narasumber. Diharapkan dengan adanya kegiatan seminar wirausaha ini, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri bisa menjadi pengusaha yang kreatif dan berinovasi.

Melalui Seminar Entrepreneur UNM Ajak Mahasiswa Menjadi Wirausaha Kreatif dan Inovatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *